Derby Jatim di Final Piala Presiden 2019

by -348 views
Persebaya vs Arema
Final Piala Presiden 2019 mempertemukan Persebaya VS Arema FC yang akan berlangsung dalam laga home away.

Turnamen piala presiden akhirnya akan mencapai puncaknya pada 9 dan 12 April mendatang. Final piala presiden di tahun ini memiliki format yang berbeda dari penyelenggaraan di tahunn-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya partai final dilangsungkan hanya sekali pertandingan , pada tahun ini berlangsung 2 kali dengan sistem home and away. Final 2015 dan 2018 diadakan di GBK sementara final 2017 diadakan di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat karena pada saat itu GBK sedang mengalami renovasi untuk keperluan penyelenggaraan Asian Games.

Rapor Pertemuan Persebaya Vs Arema: Singo Edan Unggul Tipis

Untuk final 2019 ini, leg pertama akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya sementara leg kedua dilangsungkan di kandang Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang. Selain format final yang baru pertama kali ini dilakukan, final kali ini juga merupakan yang pertama kali mempertemukan tim dari Jawa Timur. Tiga kali penyelenggaraan final sebelumnya selalu mempertemukan tim dari pulau Jawa dengan tim dari luar pulau Jawa. Final 2015 mempertemukan Persib vs Sriwijaya FC, 2017 mempertemukan Arema FC vs Pusamania Borneo FC dan di tahun 2018 mempertemukan Persija vs Bali United.

Kedigdayaan tim dari Jawa Timur sudah terlihat sejak babak semifinal. Dari 4 tim yang lolos ke babak semifinal, 3 tim berasal dari Jawa Timur sedang 1 tim lagi diisi oleh Kalteng Putra. Kalteng Putra harus rela memberikan partai final kepada Arema setelah dihancurkan dengan skor agregat 6-0. Leg 1 yang diadakan di kandang Arema Stadion Kanjuruhan Malang Arema unggul 3-0 atas Kalteng Putra. Pada leg 2 dimana Kalteng Putra yang menjadi tuan rumah, Arema berhasil membungkam Kalteng Putra dengan skor 3-0.

Persebaya sendiri lolos ke babak final dengan cukup bersusah payah karena harus berjumpa dengan tim bertabur bintang Madura United. Pada leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, persebaya unggul 1-0 atas MU. Saat leg kedua yang diadakan di Madura, Persebaya juga berhasil unggul kali ini dengan skor 3-2. Hasil tersebut membawa Persebaya melangkahkan kakinya untuk yang pertama kali di piala presiden dan akan bersua tim Arema FC. Patut kita tunggu siapa tim yang menguasai Jatim di partai final mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *