Ernesto Valverde Resmi Dipecat Barcelona

by -83 views
ernesto valverde

Akhirnya usai serangkaian rumor yang beredar, manajemen Barcelona secara resmi memutus kontrak sang pelatih, Ernesto Valverde. Posisi lowong yang ditinggalkan Ernesto Valverde, langsung digantikan oleh sosok bernama Quique Setien.

Kabar ini disampaikan dan dikonfirmasi langsung oleh pihak Barcelona, dalam laman resmi mereka di hari Selasa (14/1/2020) waktu setempat. Barca dan Valverde setuju untuk pisah jalan meskipun kontrak pelatih Spanyol masih tersisa hingga musim depan, yakni 2020-2021.

Sosok Valverde sendiri sejatinya tak bisa dianggap gagal selama melatih Barca. Sejak tahun 2017 resmi menukangi Los Cules, eks pelatih Athletic Bilbao itu total sudah lewati 163 pertandingan. Statistiknya adalah 108 kali menang, 35 kali menuai hasil imbang, dan 20 kali menelan kekalahan.

Valverde juga turut berikan empat gelar selama tiga musim masa kerjanya bersama Barca. Gelar tersebut diantaranya adalah dua Trofi La Liga Spanyol, satu Trofi Copa Del Rey, dan satu gelar Piala Super Spanyol.

Sayangnya memang Valverde gagal membangkitkan Barca menjadi raksasa yang berprestasi di Eropa. Dalam dua edisi Liga Champions terakhir, dimana Barca dilatih Valverde, mereka gagal meraih juara. Bahkan di tahun 2017 dan 2018 lalu Barca tersingkir secara menyakitkan dari AS Roma serta Liverpool.

Pernyataan Barcelona Soal Pemecatan Ernesto Valverde

“Barcelona dan juga Ernesto Valverde sudah menemui kata sepakat untuk menghentikan kontrak yang sudah dijalin kedua pihak. Dai klub dengan terbuka ucapkan rasa terima kasih atas professionalisme, komitmen, serta dedikasinya. Tak lupa juga karena selalu bersikap positif dalam urusan membangun tim yang solid di Barca.” kata manajemen Barcelona di laman resmi mereka.

Tidak mau berlama lama mengosongkan posisi pelatih, manajemen Barca langsung menunjuk satu nama pengganti Valverde. Ia adalah Quique Setien, yang akan menahkodai kesebelasan asal Catalan di musim musim berikutnya.

Pelatih berusia 61 tahun memang masih cukup asing di kalangan pecinta sepakbola dunia. Akan tetapi namanya di Spanyol cukup terkenal karena malang melintang melatih tim tim di tanah Matador. Terakhir sebelum membesut Barca, Quique merupakan pelatih di kesebelasan Real Betis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *