Jose Mourinho Belajar Bahasa Korea untuk Son

by -22 views
jose mourinho

Sosok Jose Mourinho dilaporkan tengah giat mempelajari bahasa Korea dalam beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut dilakukannya demi kelancaran berkomunikasi dengan salah satu pilar andalan Tottenham, yakni Son Heung-Min. Komunikasi sendiri memang dirasa teramat penting bagi Mou dalam kiprahnya sebagai seorang pelatih.

Nama Jose Mourinho sendiri memang terkenal sebagai sosok pelatih yang pandai berbicara dengan banyak bahasa. Tercatat ada enam bahasa yang sudah begitu fasih dikuasai oleh Mou. Dari mulai bahasa Portugis, Inggris, Spanyol, Bahasa Catalan, Prancis, dan juga Italia. Ini seiringan dengan dirinya yang memang sudah berkeliling melatih banyak klub besar Eropa.

Semenjak dirinya masih menjadi asisten Bryan Robson di Sporting Lisbon, Mou sendiri memang sudah mulai membiasakan diri menguasai bahasa asing. Kemudian jumlah bahasa asing yang sukses Mourinho kuasai pun semakin banyak seiring dengan dirinya yang mulai terkenal sebagai pelatih berkelas. Mempelajari bahasa asing pun seperti menjadi sebuah keharusan bagi Mou yang sudah berkeliling banyak negara di Eropa.

Untuk seorang Mourinho, kemampuan berkomunikasi yang baik dalam banyak bahasa asing akan sangat membantunya sebagai seorang pelatih. Terutama untuk membantunya memberikan arahan kepada para pemainnya. Usaha Mou untuk mempelajari bahasa baru pun tak berhenti, kini di Tottenham Hotspur, Mou pun mempelajari bahasa baru, yakni Bahasa Korea.

Mou sendiri rela mempelajari Bahasa Korea untuk memperlancar komunikasinya dengan bintang Spurs asal Korea Selatan, yakni Son Heung-Min. Padahal Son sendiri diketahui sudah cukup fasih berbicara dengan bahasa Inggris. Wajar saja bila Mou ingin membuat komunikasinya dengan Son semakin baik, pasalnya Son sendiri adalah pemain andalan Mou selama melatih Spurs. Ia pun mengungkapkan bahwa sangat ingin semua yang ia ucapkan bisa dipahami Son dengan baik.

Pernyataan Jose Mourinho

“Komunikasi jelas adalah hal yang amat penting, terutama ketika saya sedang berada di dalam tim. Saya sudah berbicara dengan bahasa asli mereka agar semua orang bisa mengerti.” ujar Mou dikutip dari The Sun.

“Hal ini akan begitu menghormati budaya klub, dengan bisa berkomunikasi dengan bahas ibu setiap pemain atau individu di dalamnya. Di tim ini ada sekelompok staf pelatih asal Portugis. Walau kami juga sudah memiliki satu staf pelatih asal Inggris, yakni Ledley King.” lanjut Mou.

“Begitu juga dengan para pemain, saya juga mempelajari bahasa bahasa mereka. Itu adalah salah satu alasan kenapa saya juga turut mempelajari bahasa Korea.” terang Mourinho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *