Manchester City Disanksi Tak Bisa Ikut Kompetisi Eropa Selama 2 Musim

by -97 views
manchester city

Kabar buruk menimpa salah satu raksasa Liga Inggris, yakni Manchester City yang belum lama dilaporkan mendapat hukuman dari UEFA. Induk sepakbola Eropa itu menghukum The Citizens tidak boleh mengikuti kompetisi Eropa selama dua musim. Hukuman itu diberikan usai jawara bertahan EPL itu melanggar aturan Financial Fairplay.

Menurut pihak UEFA, manajemen Man City dianggap sudah memanipulasi dana dari sponsornya di medio 2012 hingga 2016 lalu. Selain itu hal tersebut diperburuk dengan sikap tim yang kurang kooperatif selama proses penyelidikan.

Perwakilan UEFA sendiri memang sudah mencium adanya kejanggalan di dalam kubu City khususnya di bidang pengelolaan keungan. Maka dari itu mereka lantas menugaskan CFCB (Badan Pengontrol Keungan Klub UEFA) untuk segera melakukan investigasi. Proses tersebut sudah mulai dijalani pada tahun 2018 lalu.

Pernyataan UEFA

“Badan Ajudikiasi sudah mempertimbangkan semua bukti. Lalu sudah memutuskan bahwa Manchester City sudah lakukan pelanggaran terkait peraturan lisensi klub dan aturan finansial fairplay.” bunyi pernyataan UEFA yang disadur langsung dari laman resminya.

“Mereka sudah menggembungkan pendapatan sponsor di laporan keungannya di rentang tahun 2012 sampai 2016 yang mereka berikan pada UEFA.” tambah mereka.

Dengan demikian, UEFA pun tak berpikir lama dan langsung menjatuhkan sanksi kepada klub berjuluk The Citizens tersebut. Sanksinya adalah mereka dilarang ikutserta dalam kompetisi Eropa untuk dua musim ke depan, yakni musim 2020-2021 dan 2021-2022. Selain itu ada denda juga yang harus mereka bayar, yakni senilai 30 juta euro.

Menanggapi ini, manajemen Manchester City sendiri mengaku cukup kecewa, meski mereka sendiri memang tak begitu terkejut dengan hukuman tersebut. Tim yang belakangan sudah menjelma sebagai kekuatan anyar di Eropa itu pun berencana akan mengajukan banding lewat jalur Pengadila Arbitrase Olahraga.

“Secara simplenya, kasus ini dibuka oleh pihak UEFA, dituntut juga oleh UEFA, dan UEFA juga yang mengadilinya. Semua proses dakwaan sudah selesai dan klub akan sesegera mungkin lakukan perundingan terkait kasus ini. Langkah awal kami adalah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga.” kata perwakilan Man City di laman resmi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *